tagline

Kejar Ketertinggalan, Menaker Benahi Tenaga Kerja RI

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri menekankan tiga hal penting yang harus diperbaiki oleh tenaga kerja Indonesia demi mengejar ketertinggalan dari negara lain. Hal ini untuk menghadap era Revolusi Industri 4.0.

 

Tiga hal mendasar yang harus diperhatikan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia adalah kualitas, kuantitas, dan lokasi.

 

"Pertama, perhatikan kualitas. Pastikan agar kualitas SDM sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan permintaan industri," tegas dia pada acara 'Peningkatan Peran Pembangunan Ketenagakerjaan Untuk Mendorong Investasi dan Perluasan Kesempatan Kerja dalam Rangka Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas' di Hotel Bidakara, Jakarta pada Selasa (30/1/2018).

 

Selain kualitas, Hanif menekankan jumlah SDM atau tenaga kerja Indonesia yang handal masih terbatas, serta luas penyebarannya yang belum meluas hingga ke pelosok daerah.

"Kita banyak juara di berbagai kompetisi tingkat dunia, atau boleh dibilang juaranya banyak. Properti kita pernah juara, otomotif pernah juara, dan berbagai bidang lainnya. Tapi bicara soal kuantitas, ini jadi soal. Seberapa banyak yang bisa juara?," tegasnya.

 

Ketiga, menyangkut lokasi. Hanif mencontohkan di Papua Barat.

"Cari Insinyur di sana, dapat? Dapat. Tapi jumlahnya kurang. Misalnya cari seribu, mungkin hanya dapat satu, atau bahkan kurang," tambah dia.

 

Hanif membandingkan Indonesia dengan China. Dia menganggap China sudah siap menjadi negara besar karena secara faktor kualitas, kuantitas, dan lokasi sudah terpenuhi.

"China jadi dahsyat karena sudah siap dengan tiga hal tersebut. Kualitasnya bagus sesuai dengan lapangan kerja, jumlahnya memadai, dan terakhir pernyebaran lokasinya oke. Tapi kita kualitas bagus, jumlahnya masih kurang. Kualitas bagus, jumlah oke, tapi hanya di daerah tertentu. Semua faktor tersebut harus bisa dibarengi untuk mencetak tenaga kerja Indonesia yang hebat," pungkas dia.

 

Source :

http://bisnis.liputan6.com/read/3243967/kejar-ketertinggalan-menaker-benahi-tenaga-kerja-ri?source=search