tagline

Sumber Daya Manusia Jadi Fokus Kerja Pemerintah di 2019

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) akan menjadi fokus Pemerintah pada 2019, menggantikan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada 2015-2018.



Presiden memaparkan, semua kementerian terkait harus merancang langkah-langkah kerja sesuai desain besar pembangunan SDM. 

Dia mencontohkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Ketenagakerjaan, harus mengerti apa yang harus mulai dikerjakan pada tahun depan. 


"Saya ingatkan bahwa tahun 2019 merupakan tahun politik, kita harus mulai fokus pada pembangunan SDM," ujar Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna tentang Rencana Kegiatan Pemerintah 2019 di Istana Negara, Senin (12/2/2018).
 

Dia menyebut pembangunan SDM adalah tahapan kedua setelah pada tahap pertama Pemerintah telah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur untuk peningkatan daya saing perekonomian nasional. 

Rencana Kerja Pemerintah 2019

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi mengatakan pada sore hari ini akan dibahas mengenai rencana kerja pemerintah tahun 2019. Jokowi memaparkan awal rapat kabinet tersebut dengan menekankan beberapa hal. 

Pertama, yang berkaitan dengan momentum pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat dari 5,06% di triwulan III-2017 tumbuh menjadi 5,19 persen, triwulan IV-2017. 

"Dibayangi tren pertumbuhan ekonomi terus berlanjut di 2018, apalagi saya lihat langkah ekspor kita di sektor komoditas dan batu bara menunjukkan kinerjanya yang semakin meningkat. Begitu pula konsumsi rumah tangga yang kita harapkan makin membaik sejalan dengan program padat karya tunia yang telah kita gulirkan dan telah dilaksanakan di beberapa daerah," papar Presiden.
 

"Yang kedua, saya selalu ingatkan kepada kita semua bahwa investasi dan ekspor adalah kunci untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi agar bisa tumbuh lebih tinggi lagi, oleh sebab itu kita harus terus memperbaiki iklim kemudahan berusaha, berinvestasi dari pusat sampai provinsi kabupaten kota dan ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh para pengusaha," imbuh Jokowi lagi. 
 

Jokowi juga menekankan sektor investasi dan ekspor yang memiliki kontribusi 20,37 persen dari PDB Indonesia. Ini seharusnya, sambung Jokowi bisa ditingkatkan lagi dengan langkah-langkah terobosan. 

"Mulai dari percepatan hambtan-hambatan yang dialami oleh para eksportir dalam negeri, dan kita juga harus mulai melibatkan pelaku usaha dan BUMN untuk menggarap pasar-pasar ekspor nontradisional," katanya.

 

Source : 

https://www.cnbcindonesia.com/news/20180212150834-4-4134/sumber-daya-manusia-jadi-fokus-kerja-pemerintah-di-2019